PBAK Fakultas Sains dan Teknologi UINSA diikuti 4 mahasiswa asing

SaintekNews, Gema suara lantang mahasiswa menghiasi acara Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA). Acara Ini dilakasanakan Selama empat hari, mulai tanggal 14-17 Agustus 2019. Pada pelaksanaannya dibagi menjadidua bagian, yaitu dua hari untuk pengenalan dari kampus yang bertempat di depan Twin Tower dan dua hari untuk pengenalan dari fakultas yang bertempapt di Fakultas masing-masing.
Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, PBAK Fakultas Sains dan Teknologi kali ini diikuti Oleh empat mahasiswa Asing, yaitu Mubarag Mahad Husein (Ilmu Kelautan), Mohamed Abdirahman Omar (Ilmu Kelautan), Abdirihim Ahmed Muse (Sistem Informasi), Mohamed Shakir arab (Arsitektur). Keempat mahasiswa International ini berasal dari Somalia.
Mohamed Abdirahman Omat mengatakan bahwa ia mengambil kuliah di UINSA Surabaya atas saran Kakaknya yang sedang menempuh kuliah di Jakarta, selain itu Ia mengambil Program studi Ilmu kelautan Karena Hobi.
“Mereka daftar ke UINSA melalui jalur regular, dikirim langsung oleh Sekolah mereka sendiri dari Somalia dan sudah dibekali dengan Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA),” tutur Wakil Dekan 1 Sains dan Teknologi. Para mahasiswa ini mendafatar pada tahun 2018, meskipun sudah dibekali BIPA namun mereka tetap mendapatkan intensif bahasa Indonesia Selama 1 tahun dari Internaional Office UINSA.
Mereka mengikuti rangkaian acara PBAK “agar dapat beradapatasi dengan lingkungan fakultas yang akan ditempati dan mengenal organisasi supaya terlibat aktif dalm kegiatannya,” ucap dosen Teknik Lingkungan tersebut. Selama PBAK kali ini mereka mengikuti dengan seksama kegiatan demi kegiatan yang diagendakan bahkan sudah mengenal beberapa teman dari Program Studi yang mereka ambil.
“Hal ini merupakan salah satu langkah konkret dari perwujudan Visi Misi fakultas dan Universitas, yaitu unggul, kompetitif dan bertaraf international,” pungkas wanita paruh baya tersebut.