SEJARAH PRODI ARSITEKTUR UINSA

UIN Sunan Ampel Surabaya merupakan perkembangan dan alih status dari IAIN Sunan Ampel, perguruan tinggi Islam Negeri yang berdiri berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama Nomor 20/1965, berlokasi di Jalan Jend. A. Yani 117 Surabaya, Jawa Timur. IAIN Sunan Ampel memperoleh status sebagai Badan Layanan Umum (BLU) melalui Keputusan Menteri Keuangan Nomor 511/KMK.05/ 2009 tanggal 28 Nopember 2009. Terhitung 2 Oktober 2013 kemudian berubah menjadi Universitas Islam Negeri Sunan Ampel sesuai Peraturan Presiden Nomor 65 tanggal 1 Oktober 2013.

Dengan perubahan status IAIN menjadi UIN Sunan Ampel Surabaya, maka dilakukan perubahan statuta terkait dengan nama dan jumlah fakultas, jurusan dan prodi. Dengan perubahan statuta tersebut, UIN Sunan Ampel memiliki beberapa Fakultas baru yaitu: Fakultas Sains dan Teknologi, Fakultas Psikologi & Kesehatan, Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik, serta Fakultas Ekonomi & Bisnis Islam.

Program Studi Arsitektur UIN Sunan Ampel berdiri sejak tahun 2013 dengan berdasarkan kepada Kepmendikbud RI No. 458a/E/O/2013 tertanggal 27 September 2013, Seiring dengan perubahan bentuk Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Sunan Ampel Surabaya menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Ampel Surabaya.

Seiring dengan munculnya paradigma pembangunan berkelanjutan yang mengedapankan aspek perencanaan dan perancangan berkelanjutan, maka  Program Studi Arsitektur telah dirancang sebagai prodi unggulan dan kompetitif dalam pengintegrasian ilmu arsitektur dan nilai keislaman. Tujuan dari prodi arsitektur adalah menyelenggarakan dan mengembangkan sistem pendidikan, penelitian dan pengabdian Masyarakat yang berlandaskan kepada ketaqwaan, kemandirian dan intelektualitas sekaligus menyelenggarakan tata kelola program studi secara profesional, transparan dan akuntabel.